Bahagia Berkomunitas di Ibu Profesional

Penelitian ilmiah telah menemukan bahwa faktor-faktor yang bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang adalah adanya kesehatan fisik yang baik, hubungan sosial yang mendukung, kebebasan, rasa syukur, dan kesadaran diri. Kebahagiaan merupakan pengalaman subjektif yang sangat personal. Setiap individu memiliki persepsi dan definisi kebahagiaan yang berbeda-beda. 

Di Ibu Profesional, seseorang bisa merasa bahagia karena mencapai salah satu tujuan hidupnya, juga memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang yang satu visi dan misi. Bahagia bisa diraih dengan menjalani gaya hidup yang sejalan dengan nilai-nilai pribadi serta mengalami pencapaian dalam keluarga maupun hobi yang disenangi.






Jalan Meraih Bahagia di Ibu Profesional

Membangun kebahagiaan dalam berkomunitas di Ibu Profesional adalah hal yang penting untuk menciptakan lingkungan yang positif dan memperkuat ikatan sosial antara anggota komunitas. Berikut adalah cara bahagia berkomunitas di Ibu Profesional dengan 14 wadahnya (6 komponen dan 8 program inovasi):

Membangun kesadaran diri. Ibu Profesional membantu anggota komunitasnya untuk mengenali minat, keahlian, dan tujuan hidup mereka sendiri dengan menyediakan kesempatan belajar melalui komponen Institut Ibu Profesional.

Mendorong kreativitas. Mengadakan kegiatan seni dan kerajinan yang mendorong anggota komunitas untuk mengekspresikan diri melalui kreativitas sehingga dapat memberikan rasa pencapaian dan kegembiraan, dengan bergabung di komponen Kampung Komunitas.

Mendorong keterlibatan sosial. Mengadakan acara sukarela atau kegiatan sosial yang melibatkan semua anggota komunitas sehingga membantu membangun hubungan sosial yang kuat dan meningkatkan kebahagiaan melalui komponen Sejuta Cinta.

Menyediakan kesempatan belajar. Memberikan akses kepada anggota komunitas untuk mengikuti pelatihan, workshop, atau seminar yang relevan dengan minat. Hal ini membantu mengembangkan diri, meningkatkan keterampilan, dan meraih kepuasan pribadi melalui komponen Lumbung Ilmu.

Mendorong kemandirian ekonomi perempuan dari dalam rumah. Melalui wadah komponen KIPMA, Koperasi Ibu Profesional Mandiri, diharapkan anggota komunitas dapat menciptakan kebahagiaan dari segi finansial yang sehat.

Menyediakan wadah integrator yang mengorkestrasikan setiap kegiatan komponen dan program inovasi Ibu Profesional agar dapat berkoordinasi dengan sinergis melalui komponen Seknas, Sekretariat Nasional.

Memberikan lingkungan belajar bagi para ibu di dunia broadcasting dan live streaming. Program inovasi Ipedia, Ibu Profesional Media, menghadirkan perempuan-perempuan untuk bisa menjadi produser berita baik dari dalam rumah.

Menyediakan ruang yang aman dan dukungan bagi anggota komunitas yang mengalami masalah melalui layanan konseling atau mengadakan diskusi terbuka tentang isu-isu masalah sosial. Selain itu, membuat forum atau platform tempat anggota komunitas dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Program inovasi Ibu Pembaharu dapat memperkuat ikatan sosial dan memberikan peluang belajar satu sama lain. Dengan demikian, anggota komunitas terpacu untuk melakukan gerakan-gerakan perubahan agar menjadi bagian dari solusi.

Mengadakan acara yang menyenangkan. Mengatur komunikasi, ngobrol bareng dengan permainan yang menawarkan hiburan dan kegembiraan bagi anggota, juga menciptakan momen kebahagiaan dan memperkuat ikatan sosial melalui program inovasi A Home Team yang berfokus pada pendampingan keluarga sebagai sebuah tim yang berkualitas A.

Menciptakan lingkungan inklusif yang aman, nyaman, tanpa stigma untuk perempuan Indonesia berkarya dan berdaya. Menghargai perbedaan dan keunikan setiap individu dan menghormati latar belakang budaya dan keyakinan melalui program inovasi Ibu Inklusif.

Membangun ekosistem UMKM kuliner perempuan. Dimulai dari akademisi, pelaku bisnis, komunitas, hingga ke pemerintahan melalui wadah program inovasi DIB, Dapur Ibu Bersama.

Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) adalah program inovasi yang mempunyai program utama, setoran tulisan rutin untuk membiasakan anggotanya menulis setiap hari. Hal ini dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan yang berkelanjutan.

Memberikan pendampingan belajar, pengembangan dan pelatihan bisnis UMKM, melalui wadah Program Inovasi SIB, Sahabat Ibu Pengusaha,

Yang terakhir adalah program inovasi berfokus, yakni Kampus Ibu sebagai program inovasi terbaru dari Ibu Profesional.

Penutup

Demikian beberapa cara membangun kebahagiaan di komunitas Ibu Profesional yang melibatkan faktor-faktor seperti hubungan yang positif, keterlibatan sosial, lingkungan inklusif, pertumbuhan pribadi, peningkatan ekonomi, dan komunitas yang peduli.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, komunitas Ibu Profesional dapat menciptakan lingkungan yang harmonis, mendukung, dan bahagia.



Penulis: Rifina Arlin (IP Sumatra Utara)

0 comments